Sabtu, 30 Oktober 2010

Sebuah Peringatan...




Bulan Oktober ini bangsa Indonesia dikejutkan dengan beberapa peristiwa dahsyat. Beberapa peristiwa yang membawa koraban baik harta maupun nyawa.


Pertama adalah banjir bandang di Wasior, Teluk Wondama, Papua barat. Kota kecil itu luluh lantak diterjang air bah bercampur gelondongan kayu. 


Kedua letusan Gunung Merapi. Gunung paling aktif di dunia ini kembali memuntahkan material vulkanik dan awan panas. Merapi memaksa ribuan penduduk disekitarnya untuk menggungsi. Beberapa korban jiwa jatuh karena awan panas, bersama itu pula juru kuci Merapi Mbah Maridjan ikut berpulang. Sampai hari ini pun Penduduk masih mengungsi dan merapi masih dalam status awas.


Ketiga, terjadi gempa dan tsunami di kepulauan Mentawai. Tsunami setinggi 10 meter menerjang kepulauan Mentawai, menggulung semua yang di lewatinya. Korban meninggal ratusan orang dan seratusan lagi masih hilang. Sungguh sayang bantuan agak terlambat datang karena berbagai alasan. Kondisinya sungguh memprihatinkan, banyak korban selamat pun sekarang kelaparan.


Sauadara apa pesan dibalik semua musibah ini buat kita. Apakah Tuhan begitu kejam?... tentu tidak. Buat kita yang tidak terkena bencana mari kita bersyukur, dengan peristiwa itu baiklah menjadi peringatan buat kita. Mari menjadi manusia yang lebih baik lagi, supaya sewaktu-waktu sesuatu yang buruk menimpa kita sudah siap. Karena kadang kita tidak tahu kapan bencana itu datang. 


Salam bahagia....


Monggo dilanjutken...

Rabu, 20 Oktober 2010

Setahun Pak Beye


Tidak terasa sudah setahun negeri ini dipimpin pak Beye dan wakilnya pak Boedi. Hari ini tanggal 20 Oktober hari pengangkatan itu disambut dengan demo dimana-mana. Beberapa hari menjelang 20 Oktober sudah ada desas-desus kalau mau ada demo besar-besaran. Bahkan orang-orang yang satu golongan dengan pak Beye ngomong kalau mau ada penggulingan pemerintahan yang sah. Kehadiran pak beye di makassar beberapa hari lalu pun disambut demo mahasiswa bahkan terjadi bentrok dengan aparat kepolisian.

Ha!!.. akhirnya tiba juga tanggal 20 itu. Dari pagi hari tv sibuk memberitakan akan adanya pengerahan massa besar-besaran. Sebagai langkah antisipatif Istana presiden dan istana wapres dijaga ketat bahkan berselimut kawat berduri tebal. Aparat disiagakan mengantisipasi rusuh massa.

Syukurlah, kerusuhan itu tidak terjadi. walaupun ada sedikit insiden. Ada seorang mahasisiwa tertembak dikaki dan beberapa luka-luka. Dan akhirnya sore hari demostrasi itu usai sudah.

Hohoho... kenapa harus ada demo?... pasti ada yang tidak beres. Adanya demo pasti karena ada sebagian elemen masyarakat yang tidak puas dengan kinerja pemerintahan. Itu wajar, dalam suatu pemerintaha tentu tidak akan bisa memuaskan semuanya. Karena cara pandang dan ideologi kitapun berbeda. 

Pemerintah harus ikklas di kritik walaupun kritik itu terkadang bernada hujatan. Yah itu sudah resiko, konsekwensi dari sebuah amanah yang diemban. Tidak usah reaktif menghadapi kritik, tenang saja. Yang terpenting berbuat lebih baik lagi untuk kesejahteraan rakyat. 

Oke dah... gw agak serius neh gak enak ngomongin bangsa dan negara sambil becanda. Kalau buat gw sih yang penting tenang yari rejeki... biar dapur tetep ngebul. Untuk kratak kritik biarlah itu urusan yang pinter-pinter saja. Gw takut ah... bagaimana kalau menurut sodara-sodara sebangsa dan setanah air???....
Monggo dilanjutken...

Rabu, 13 Oktober 2010

sejenak merenung


Cerita di salah satu acara tv.....

Seorang anak kecil berusaha menawarkan dagangan, berupa susu kedelai. Ga tau berpa jumlahnya dia minta dibeli semua seharga 25 ribu. Uang itu katanya mau dipake pulang kampung.

Menawarkan kesana kemari akhirnya anak itu ditolong seorang ibu pengamen. Setelah menolong seorang kru mendekati ibu itu untuk memberi uang. Uang pemberian kru itu ditolak, walaupun berkali-kali dibujuk ibu itu tetap menolak. Setelah diberi pengertian baru ibu itu mau menerimanya,

Seperti biasa kemudian ibu itu diwawancarai, katanya....

Dia tidak pernah merasakan hidup enak, dari dia kecil selalu menderita. Waktu kecil dia ikut ibu tiri yang jahat. sering tidak diberi makan dan disiksa. Setelah menikah, suaminya yang kerja sebagai sopir suka mabuk-mabukan. Dan terakhir rumahnya kebakaran. Dia sendiri, suami dan anaknya menjadi korban kebakaran itu, anaknya waktu itu terluka parah. Sekarang suaminya tidak bekerja lagi, makanya dia menjadi tulang punggung keluarga. Tiap hari ibu ini kerjanya ngamen. Satu hal yang membuat gw tersentuh, ibu ini bilang "saya sudah tidak tau lagi caranya menangis, karena sejak dulu sampai sekarang hidup saya susah terus".

Entahlah pelajaran apa yang dapat gw petik dari kisah ibu itu. Yang jelas gw bersyukur, nasib gw sedikit lebih baik dari beliau. Dan gw berdoa semoga ibu itu diberi ketabahan dan kebahagiaan. Gw yakin Tuhan punya maksud dan rencana dengan hidupnya. Setidaknya lewat dia di tv Tuhan berpesan, jangan cepet mengeluh menghadapi hidup. Bersyukur dengan hidup kita....
Monggo dilanjutken...

Senin, 11 Oktober 2010

Balada Mie Instan


siapa yang suka makan mie instan?.... hehehe gw salah satunya. Di tv sedang rame dibahas tentang mie instan. Khabarnya sebuah mie merk terkenal di tarik dari pasaran di Taiwan menyusul kemudian Hongkong.
Kenapa ditarik?.. emnurut departemen kesehatan disono mie tersebut mengandung bahan berbahaya namanya methyl p-hydroxybenzoate dan asam benzoat. Menurut kabar bahan ini biasanya dilarang buat makanan karena bahan ini biasa buat kosmetik, nah lo... Di Taiwan, hongkong, Kanada, dan eropa bahan ini dilarang loh men!. Menurut orang sono, kalo di konsumsi terus menerus dalam jangka panjang bisa menyebabkan lambung kelebihan asam. Wedeeey... ngeri amat..

Dari pihak nyang bikin mie bilang itu mie sebenarnya buat dijual di Indonesia yang salah kirim keluar negeri. Jadi selama ini ternyata beda ya buat bangsa sendiri sama buat ekspor. Kalau buat luar negeri dibagus bagusin kalau buat orang ndiri ya gitu deh ala kadarnya aja. gitu juga laku keras.

Jadi kata Ibu dari badan POM aman buat di konsumsi, karena mereka katanya punya standar dan aturan buat itu. Kaga tau deh ribut-ributnya ini karena persaingan bisnis juga sih. Tapi diluar itu semua kalau makan mie instan kebanyakan juga kaga sehat. Apalagi dijadiin makanan pokok, jangan deeh. Hehehe susah juga merubah kesukaan apalagi katanya udah jadi seleraku hmmmm kembali ke perut kita masing-masing aja....
Monggo dilanjutken...

Sabtu, 09 Oktober 2010

...Secangkir kopi item...


Secangkir kopi item panas... tanpa cemilan (miskin amaaat). Yah cuma itu menemani sore hari yang lumayan mendung. Sambil sesekali jari lincah mencet tombol remot tv. Duh chanel tv yang ada kog ga ada yang bikin tenang jariku.

Ada sinetron, kartun, acara musik, berita (macem-macem beritanya). Apa gw yang emang kaga mood ya?... kog semuanya keliatan bosenin, entahlah.

Sluuuurp sruput kopi item gw, hemmmm rasanya nendang tenggorokan. Akhirnya mata gw nyangkut juga di salah satu chanel tv. Berita tentang banjir kemaren di Wasior, udah 144 orang ditemukan tewas, yang hilang masih banyak. Biasa tiap ada peristiwa semua saling unjuk bicara (itulah Indonesia). Seorang anggota LSM berkata kalo penyebab banjir pembalakan liar. Presiden bilang, bukan kareba pembalakan. Mantan wapres bilang Presiden buruan ke Wasior, tapi presiden pilih menundanya. Sudah ada mensos yang kesana. Eh kaga ketinggalan mantan presiden nyumbang pendapat ( hehehe bukan uang ) katanya pemerintah lamban. Hehehe apa aja lah inilah Indonesia negeri dengan ribuan pendapat.

Sruput lagi kopi itemku. jari kembali lincah pencet tombol remote. Eh nyasar berita infotainment. Ada cewek masih lajang yang ngaku pernah jadi selingkuhan seorang kyai. Gw cuma geleng-geleng... entah bener entah kaga aib kog diumbar-umbar. harusnya aib itu ditutup rapat, eh ini malah dengan santai cerita di media publik. Tapi lumayan siapa tahu ada yang minat buat shooting sinetron. Maaf komentar gw namanya juga penonton, bebas komentar kan?...hehehe

Huft.. kaga terasa kopi item gw dah abis... ya udahlah santai sambil liat kartun ajah...
Monggo dilanjutken...

Jumat, 08 Oktober 2010

Berita Cuaca

Beberapa hari ini cuaca hemmmm begitu luar biasa. Pagi sampai siang panas minta ampunnn, sore hujan lebat tak terkira. Mungkin sudah kehendak yang bikin hujan.. hehehehe.

Gak sekedar hujan gede kadang-kadang juga bawa temen-temenya yang laen. Angin kenceng bahkan puting beliung, petir yang jegar-jeger huuuuh... menakutkan. Gara-gara hujan yang luar biasa lebatnya beberapa daerah di Indonesia banjir parah. Terakhir yang menyedihkan distrik Wasior di Papua Barat kena banjir bandang yang begitu dahsyat. Korban pun berjatuhan dan Wasior jadi kota mati. Mudah-mudahan pemertintah segera bertindak buat menolong warga disana. Lagi-lagi aku cuma bisa kasihan dan bantu doa... hmmmm

Yaah emang beberapa tahun terakhir musim di Indonesia mulali agak ngaco. Tahun ini aja kayanya musim hujan ga da berhentinya.Kata yang tau mah macem-macem. Ada yang bilang karena La Nina dan ada pula yang bilang karena Global Warming.... katanya bumi tuh makin panas gara-gara polusi udara.

Liat semuanya tuh aku inget film pavorit aku "The Day After Tommorow"..... huuu menakutkan. Bumi di reset lagi ke jaman es gara-gara udah begitu parahnya pencemaran.

Oke dah kga banyak oceh biar Bumi tetap lestari yook kita jaga sama-sama. Pesan buat pembuat kebijakan mengutip kata Bang Iwan Fals "Lestarikan alam jangan celoteh belaka"...
Monggo dilanjutken...

Selasa, 05 Oktober 2010

FACEBOOK alias PESBUK


Siapa yang ga tau facebook (pesbuk)?.... kalau ga tau kata bang haji ter la lu..... papajosh ndiri kenal pesbuk dari 2 taon yang lalu... kalau ga salah itu juga,
Buat aku pesbuk tuh banyak manfaatnya... ya paling ga bisa silahturahmi sama temen-temen lama. Atau dapet temen baru juga, ada yang bisa jualan di pesbuk, ada pula yang dapet pacar dll... ya setidaknya bisa sebagai hiburan lah.
Tapi ternyata gara-gara pesbuk banyak juga cerita-cerita ga enak... cerita-cerita lucu.. dan juga cerita-cerita garing. Contohnya, ada yang diculik gara-gara pesbukan, ada yang ketipu gara-gara pesbuk, cekcok rumah tangga gara-gara pesbuk.... ada yang porno porno di pesbuk. Makanya pesbuk pernah mau di fatwa haram tuh... ya begitulah manusia kalau ada yang baik pasti ada aja yang keluar jalur dari kebaikan... tobat men....
Yang penting bijak dalam pesbukan bro... jangan bikin status yang menyinggung orang laen, jangan mudah percaya sama orang yang baru di kenal di pesbuk, jangan terlalu serius pesbukan sampai lupa anak, istri,. suami, temen, keluarga...
Dari awal sampai sekarang aku dah berteman dengan 300 an orang, orang laen mah ada yang ribuan... dari 300an itu yang aktif komen dan bikin status paling 20%nya yang laen mah cuma penghias fiend list doang ang ang ang....... Gimana yang ribuan ya bo hehehehe... Kalo punya temen segitu enak kali ya kalo bisa minjemin duit, beliin pulsa....... hoooo mantaaap Eitzzz... ini cuma dunia pesbuk bos... oke dah met pesbukan ajah ati ati waspadalah...
Monggo dilanjutken...

Senin, 04 Oktober 2010

...Secuil...


...kerusuhan, bentrokan, pengejaran teroris yang mirip film perang, tabrakan kereta. Itu yang menghiasi setiap berita di tv... memperihatinkan laah pastinya. Tapi ya cuma bisa prihatin sih... belum ada kemapuan untuk membantu, kecuali doa (itu juga kalo inget) secara doa buat pribadi aja ogah ogahan hahahaha....

apa gunanya seh ribut, saling serang, saling bantai, kalo perlu saling bunuh???..... katanya demi solidaritas temen, daerah, suku,.... yeeee tetap aja bung kita satu bangsa dan negara (ala pejabat ane ngomongnya). Gimana mau ganyang negara laen kalo kita sendiri saling bantai... mimpi kaleee yeeee... pikir donk pake otak jangan pantat (pizz..)
Dulu ada tabrakan kereta di Bintaro... dahsyat juga sih... bang Iwan Fals langsung bikin lagu. Sekarang ada tabrakan juga yang maut juga ga da yang bikin lagu ya?... hehehe. Aku tau, itu disebabkan karena kecelakaan kereta udah biasa, udah ga luar biasa lagi... orang udah maklum.. kalo sekarang pada ribut-ribut... ya begitulah kebiasaan di negeri ini. Kalo udah kejadian baru dah semua pada ribut ngomong... nyalahin sana situ... basi lah.. yaaah cuma mau berharap semoga ke depan lebih baik aja... semua harus mengkoreksi diri....
deuuhh ya gtu deh aku juga cuma bisa ngomong doang sih... samalah... hehehehe
Monggo dilanjutken...

Minggu, 03 Oktober 2010

,,,SaLaM dari PaPaJoSh...


... hehehehhe.... papajosh ngeblog... sok hebatkah?.. gak lah biasa wae wong cuma blog gretongan dari mbah google kog. Daripada ngedumel berbusa dalam hati yo wis tumpahain aja lewat tulisan. Emang papajosh bisa nulis?... sekedar wang weng wong ngetik dengan jurus 11 jari... bisalaaah...

Sekedar perkenalan buat yang belum kenal sih... papajosh cuma bapak - bapak biasa dengan 1 istri dan 2 anak laki-laki yang merupakan jagoan saya...

Harta paling berharga ya cuma istri dan anak.... masih bergelut dengan variatipnya kehidupan itulah saya... ah tambah ngaco... okelah kalo begitu...

salam
Monggo dilanjutken...